Bahan Ajar Biologi

Kategori: 
Buku

Istilah Ilmu hayat atau biologi yang kita kenal saat ini telah mengalami beberapa proses pergantian istilah yaitu mulai dari kata science dalam bahasa inggris, sains dalam bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan alam sampai ilmu alamiah yang mana didalam konsepnya sendiri membahas tentang proses-proses perkembangan ilmu dan kejadian-kejadian alam baik dari sudut pandang ilmu pengetahuan maupun yang tertuang dalam Al-Qur’an.
Ilmu secara fenomenal dapat dipandang sebagai produk, proses dan paradigma etika (sikap dan nilai) dalam proses-prosesnya yang memerlukan sebuah pembuktian, sehingga akan teruji kebenarannya sesuai dengan konsep, hukum dan teori-teori pendukungnya.
Sejak dilahirkan di permukaan bumi ini, manusia memiliki pengaruh nyata dengan alam. Pengaruh dengan alam ini menimbulkan pengalaman. Alam memberikan rangsangan kepada manusia melalui pancaindera yang merupakan alat untuk berkomunikasi antara alam dengan manusia yang menghasilkan sebuah pengalaman.
Banyak pendapat tentang definisi biologi atau disebut juga dengan ilmu pengetahuan alam, ada yang mendefinisikan bahwa IPA merupakan ilmu yang sistematis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi (H.W. Fowler et-al, 1951). Sedangkan Nokes di dalam bukunya “Science in Education” menyatakan bahwa IPA adalah pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan metode khusus. Pendapat-pendapat yang beragam jika dilihat dari intinya ternyata memiliki kesamaan pandangan, yaitu : bahwa IPA atau ilmu alamiah dasar merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan, percobaan-percobaan terhadap gejala-gejala yang berhubungan dengan alam.