Filsafat Pendidikan Islam - Upaya Pengembangan Sikap dan Amal Keagamaan Santri

Kategori: 
Buku

Filsafat Pendidikan Islam - Upaya Pengembangan Sikap dan Amal Keagamaan Santri
Oleh: Dr. H. Masnur Alam, M.PdI

Keberhasilan pendidikan pada ranah kognitif yang bersifat hafalan teoritis dewasa ini patut untuk dibanggakan, namun bila ditinjau dari ranah afektif/sikap dan ranah psikomor/amal rasanya perlu untuk ditingkatkan, terutama dalam tujuan pendidikan Islam antara pemahaman, penghayatan dan pengamalan laksana pohon tidak berbuah.

Dalam menghadapi dunia modern, kondisi tidak nyaman atau tidak kondusif, terutama melanda dunia pendidikan kita seperti banyaknya terjadi tawuran pelajar, sehingga membuat orang tua putus harapan serta putus asa terhadap perlakuan anak sebagai generasi penerus harapan bangsa pemimpin masa depan. Jika kita mau melihat inti persoalannya adalah selama ini kita terlalu fokus dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, sedangkan pada ranah sikap dan amal keagamaan sering diabaikan.

Buku ini ditulis agar bisa keluar dari lingkaran setan yang selalu melilit lembaga pendidikan yang dianggap belum berhasil mendidik sikap yang positif dan amal saleh pada peserta didik yang pada akhrnya diharapkan dapat melahirkan kedamaian, kenyamanan, ketertiban, keharmonisan, kemuliaan, kerukunan, ketenangan hidup, baik di lingkungan lembaga pendidikan itu sendiri maupun masyarakat secara luas. Dalam mewujudkan keinginan tersebut dapat dilakukan dengan upaya pembiasaan, tarqhib dan tarhib dan penciptaan suasana keagamaan. dengan menawarkan model pengembangan sikap dan amal keagamaan di Pondok Pesantren Nurul Haq Kerinci Jambi.